Sabtu, 23 Februari 2013

Kelebihan dan Kekurangan Daycare Tempat Penitipan Anak

Kelebihan:
  1. Para staf pengasuh memiliki dasar pendidikan anak sekaligus ilmu kesehatan dasar anak yang diawasi langsung oleh pengelola day care.
  2. Program di day care dirancang sesuai perkembangan bayi dan balita. Untuk balita, day care biasanya menerapkan kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD).
  3. Anak akan memiliki aktivitas dan alat bermain yang beragam serta ruang bermain (baik di dalam maupun diluar ruang) yang relatif lebih luas bila dibandingkan ruang mereka di rumah sendiri.
  4. Anak akan berkenalan dengan suasana baru, orang baru dan bertemu/mengenal anak-anak seusianya. Kemampuan sosial anak bisa terasah sejak dini.
  5. Karena staf pengasuh yang bertugas mengurus dan merawat si kecil tidak hanya satu, maka ia tidak lengket dengan sang pengasuhnya saja.
  6. Biaya pengasuhan di day care lebih murah dibandingkan dengan pengasuhan baby sitter di rumah.
  7. Jika lokasi day care dekat dengan tempat Bunda bekerja atau bahkan berada dalam satu gedung tempat bekerja, memungkinkan Bunda bisa menengok si kecil secara langsung ketika waktu istirahat kerja.
Kekurangan:
  1. Karena sistem pengasuhan di day care adalah satu orang pengasuh untuk 2-3 orang anak, sehingga sang pengasuh tidak bisa fokus memberikan perhatian penuh pada si kecil.
  2. Si kecil sangat berisiko tertular penyakit dari orang di sekitar day care.
  3. Membawa serta si kecil ke day care menciptakan kondisi yang merepotkan, karena Bunda harus membereskan beberapa pakaian, alat makan, dan perlengkapan mandi, dan lain-lainnya milik si kecil
  4. Jika si kecil sedang sakit, Anda tidak diperbolehkan untuk membawanya ke day care. Kondisi ini menyebabkan Bunda harus siap untuk mengasuhnya sendiri atau menyiapkan pengasuh cadangan.
  5. Di day care, Bunda lah yang harus siap menerima kondisi bahwa si kecil harus mengikuti aturan dan nilai kebiasaan di day care tersebut. Jika aturan tersebut tidak sesuai dengan kebiasaan yang Bunda lakukan di rumah, si kecil akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dan akan membuatnya kurang nyaman.
  6. Jika jam kerja Bunda melebihi jam operasional day care, maka mau tidak mau, Bunda harus mengambil si kecil lebih cepat dan membawanya ke tempat kerja Bunda sampai Bunda pulang. Atau Bunda harus mencari penyedia jasa pengasuhan anak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar