Rabu, 13 Februari 2013

Belajar dari anak kecil

Pelajaran yang bisa kita ambil dari anak kecil diantaranya adalah :

Jujur
Anak kecil itu masih dijaga oleh para malaikat sehingga mereka masih bisa terhindar dari kejahatan dirinya. Karena daya tangkap anak kecil masih kuat, tentunya dia merekam jelas dengan indera pendengaran dan penglihatannya atas apa yang dia saksikan sendiri. Ketika ditanya ini dan itu, tentunya dia akan menjawab sesuai dengan apa yang dia lihat dan apa yang dia saksikan karena pemikirannya yang masih polos, lantas dia berbicara apa adanya. Lain halnya dengan orang dewasa yang seringkali berbohong untuk menutupi kesalahannya.

Cepat Melupakan dan Mudah Memaafkan
Coba kita lihat jika ada dua anak kecil yang sedang bertengkar, tentunya salah satu atau keduanya pasti ada yang menangis. Tidak jarang pula mereka mengadukan peristiwa itu ke orang tua mereka. Lalu kita lihat keesokan hariya, ternyata mereka sudah main seperti biasanya. Hal ini menunjukkan bahwa anak kecil itu cepat dan mudah melupakan masalah pertengakaran dengan teman bermainnya, sehingga mereka bisa mudah juga untuk memaafkan kesalahan teman bermainnya itu.

Dibandingkan dengan orang dewasa, jika mereka terdapat suatu masalah (misalnya pertengkaran) maka yang terlihat adalah masalah itu tidak bisa hilang sehari atau dua hari, bisa bermiggu-minggu, berulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, na'udzubillahi min dzalik. Ya tentunya tidak semua orang dewasa seperti itu.

Selalu Ceria dan Bangkit
Lihat deh kalau anak kecil sedang bermain, selalu tergambar pada diri mereka keceriaan yang seolah tiada habisnya. Seakan mereka terlupakan problema kehidupan yang menjadi beban pikiran mereka, yang pastinya anak kecil ini anti galau, betul tidak? Lihat lagi ketika anak-anak kecil sedang bermain bola. Ketika salah satu anggota tubuh mereka terluka dan tidak bisa main lagi, maka jika luka itu sudah sembuh pasti dia akan bermain bola lagi bersama teman bermainnya sebagamana biasa, anak kecil selalu bangkit, iya kan?
Ternyata anak kecil itu bisa menjadi contoh pembelajaran untuk kita ya? Terkadang kita suka meremehkan anak kecil, padahal belum tentu kan kita lebih baik dari anak kecil yang kita remehkan itu. yo mulai sekarang kita rubah prilaku kita yang tidak bagus agar lebih bagus lagi... semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar